Pages

Siklus Pengolahan Data Komputer

Data Processing Cycle

Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yaitu input, processing dan ouput.

Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang dikembangkan (expanded data processing cycle) dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu origination, storage dan distribution.

Expanded Data Processing Cycle

Origination è Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.

Input è Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).

Processing è Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.

Ouput è Tahap ini merupakan proses menghasilkan ouput dari hasil pengolahan data kea lat ouput (ouput device), yaitu berupa informasi.

Distribution è Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

Storage è Tahap ini merupakan prose perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Hasil pengolahan dapat disimpan di storage dan dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya.